Dr. Neles Tebay: Posisi JDP Bukan Menentukan Hasil Tapi Menyiapkan Ruang

Para Pemateri Diskusi Publik di Aula St. Yoseph STFT FT Abepura
Foto/Honny Pigai


Jayapura
- Pada Diskusi Publik, Dialog Jakarta-Papua dan Pemilu 2014, dalam rangka penerimaan penghargaan The Hakson Justice And Peach Award 2013 lalu, di Aula STFT “Fajar Timur” 15/04/13, Pater Neles Tebay mengatakan posisi Jaringan Damai Papua (JDP) bukan menentukan hasil akhir dari dialog, tetapi hasil akhir ditentukan oleh kedua bela pihak yang bertikai.

Hasil untuk menentukan keinginan rakyat Papua atau Keinginan Indonsia, tidak ditentukan oleh JDP. JDP hanya memfasilitasi dan menyiapkan ruang, agar kedua bela pihak yang bertikai bertemu dan memutuskan hasil.

“Posisi JDP hanya menyiapkan ruang dan bukan menentukan atau membuat hasil. Jadi jangan tanya hasil kepada JDP, karena hasil ditentukan oleh kesepakatan kedua bela pihak antara Jakarta-Papua” kata Pater Neles.

Jadi menurutnya, JDP bertugas untuk menyiapkan lahan. Ia mengbaratkan, JDP sebagai seorang pekerja yang membuat beden, kalau bedennya sudah siap, maka yang menanam tanamannya adalah tugas Jakarta dan Papua. Jadi tanaman apa yang harus ditanam di beden itu, sebelumnya harus ada kesepakatan antara Jakarta dan Papua. Maka Jakarta dan Papua harus sepakat salah satu tanaman yang mau ditanam, agar tumbuh subur dan bisa berbuat.

Karena menurut Neles, sekalipun Jakarta dan Papua memiliki bibit unggul, tetapi kalau tidak ada lahan, tidak mungkin bibit itu bisa tumbuh. Karena itu, bibit itu butuh lahan. Lahan itulah yang sedang disiapkan oleh JDP.

Di sisi lain, Pater Neles Tebay mengatakan Siapa pun yang akan jadi Presiden Indonesia di periode mendatang, dialog Jakarta-Papua tetap diperjuangkan. Karena dialog sebagai salah satu solusi penyelesaian konflik Papua.   

“Siapa pun yang jadi presiden, dialog tetap diperjuangkan. Maka kalau mau selesaikan konflik Papua, mesti ada dialog,” ungkap Pater yang pernah menerima hadiah nobel perdamaian ini.

Honaratus Pigai

Posting Komentar

"...Sobat berikanlah tanggapanmu atas tulisan di atas..."

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes