TPPM: Para Kepala Suku dan Panglima Perang Segera Selesaikan Perang Suku


Ilustrasi Perang Suku/interner


Timika – 03/02/14, para Tawanan Politik Papua Merdeka (TPPM) melayangkan surat seruan moral, agar perang suku yang sedang terjadi di Timika segera diselesaikan.

Perang suku tersebut melibatkan empat suku. Suku Mee, Moni, Amungme lawan suku Dani. Perang suku tersebut terjadi karena masalah tanah di Jalan Trans Timika – Paniai. Dalam insiden perang suku tersebut, sampai saat ini belum diketahui pasti, berapa jumlah korban.

TPPM mengatakan perang suku bukan sebuah jalan positif untuk selesaikan masalah. Malah dengan perang akan melahirkan masalah dan soal baru dan malah dengannnya orang Papua akan terbunuh sia-sia.

“Perang suku bukanlah jalan untuk selesaikan masalah. itu hanya menambah masalan baru. jadi perang harus diselesaikan di para-para adat,” seruan TPPM LP kelas-II Abepura –Jayapura.

Mereka juga menyerukan agar para kepala suku dan panglima perang dapat mengambil langkah untuk menyelesaikan insiden ini.  Karena itu, TPPM meminta agar kepala suku Mee, Moni, Amungme dan Dani beserta panglima perang dari masing-masing suku untuk berhenti melakukan perang suku. TPPM pun meminta agar masalah harus diselesaikan di para-para adat dan bukan melalui perang.

Untuk itu, TPPM meminta agar:

1.       Tokoh Gereja, DAP dan aktifis HAM segera fasilitasi para kepala suku den panglima perang dari empat suku untuk selesaikan masalah melalui para-para adat.
2.      Pihak yang sudah menderita, kerugian diberikan ganti rugi yang sepantasnya.
3.      Kembalikan hak ulayat setiap suku sesuai keadaan/posisi sebelum terjadi perang suku.

 (M/V - Honaratus Pigai)

Posting Komentar

"...Sobat berikanlah tanggapanmu atas tulisan di atas..."

Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes