Dukung Papua Jadi Anggota MSG, KNPB dan PRD Mimika Adakan Aksi Damai


TIMIKA - Masa rakyat Papua yang dimediasi Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan Parlemen Rakyat Daerah (PRD), kamis (28/05/15) mengeggelar aksi damai, mendukung United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), agar diterima menjadi anggota tetap dalam forum Melanesian Spearhead Group (MSG) di sepanjang ruas jalan raya menuju bandara Moses Kilangin Timika. 


Aksi dipimpin langsung oleh Ketua KNPB Mimika, Steven Itlay dan Wakil Ketuan Parlemen Nasional West Papua (PNWP) Wilayah Bomberai, Romario Yatipai.

Dalam orasi, Steven Itlay mengatakan rakyat bangsa Papua secara penuh mendukung Papua menjadi anggota tetap dalam MSG.

“Kami buat aksi nasional ini, untuk sampaikan bahwa kami rakyat Papua mendukung kerja-kerja ULWMP, agar Papua jadi anggota MSG." ujar Itlay.

Itlay juga menambahkan bahwa bangsa Papua bukan Melayu tapi Melanesia. "Kami bangsa Papua adalah ras Melanesia dan bukan Melayu, maka cukup kami hidup dengan orang asing (Melayu-red). Sekarang kami (Orang Papua-red) mau kembali hidup dengan bangsa kami sendiri, yaitu Melanesia.” Jelas Itlay.


Ia juga meminta agar ruang demokrasi di Papua harus dibuka seluas-luasnya. “kami minta kepada Presiden dan Menkopolhukan, agar membuka ruang demokrasi di Papua. Kami minta wartawan asing datang ke Papua.” Ujar Itlay dalam orasinya. 
(mv/Honny Pigai)
Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes