Dukung ULWP, Puluhan Aktivis KNPB Ditangkap Polisi



Aktivis KNPB kembali ditangkap saat melakukan aksi mendukung ULWP. Seperti dirilis di media West Papua National Commite Kepoisian, Polisi Rebuplik Indonesia kembali melakukan penagkapan dan penahanan serta menyiksa sejumlah aktivis KNPB di beberapa wilayah di Papua.

Pengkapan kali dilakukan di tiga daerah. Di Manokwari 79 orang ditangkap pada saat pembubaran paksa aksi demo KNPB. Di Sentani, Kabupaten Jayapura 6 orang. Dan di Biak 3 orang. Yang ditangkap, sementara masih ditahan di tahan polres Biak, di Polres setani dan Markas Brimob di Manokwari.

Di Manakwari

Di Manokwari anggota KNPB ditangkap saat melakukan aksi damai mendukung ULWP yang berjuang agar Papua menjadi anggota MSG. dalam pembubaran paksa Aksi Demo damai Komite Nasional Papua Barat KNPB wilayah manokwari mendukung ULMWP membawah West Papua Menuju MSG di Manokwari, Kepolisian Rebuplik Indonesia Resor Polres Manokwari, membubarkan secara paksa aksi tersebut dan menangkan 75 aktivis. 

Penangkapan itu dilakukan di dua tempat dan waktu yang berbeda. Pertama, polisi menangkap 9 aktivis KNPB, pukul 09.30 WPB, di Kawaki Manakwari Timur. Kedua, penangkapan 75 aktivis KNPB, pada Rabu, 20 Mei 2015, pukul 10.15, di Wosi. Mereka dibubarkan dan ditangkat gabungan Polisi dan Brimob, saat mengumpulkan massa aksi sebelum bergerak ke kota Manakwari untuk menyampaikan dukungannya terhadap ULMWP kepada pihak yang berwajib.

Di Biak

Di Biak Ketua PRD Biak Mananwir Apolos Sroyer dan Ketua KNPB Yuianus Mandowen serta Kordinator NFRPB Dorteus Bonsapia ditahan oleh Kepoisian Poleres Biak Numpor. Sebelumya kepolisian mengeluarkan surat panggilan terhadap ketua KNPB Yuianus Mandowen dan ketua PRD Apoos Sroyer untuk memberikan keterangan terkait surat pemeberitahuan aksi demo mendukun ULMWP pada tanggal 21 Mei 2015 besok. Atas dasar surat panggilan itu mereka mereka menghadap di polres terkait recana aksi damai besok. Namun mereka sampai di polres polisi menahan mereka sampai saat ini masih ditahan. 

Di Sentani

Di Sentani, 6 aktivis KNPB wilayah Sentani ditahan di Perempatan Lampu Merah menuju Bandara Udara Sentani, pada Rabu 20 Mei 2015, Pukul 01.00. Mereka ditangkap saat sedang membagikan selebaran Aksi Demo Damai KNPB, yang rencana dilaksanakan, hari Kamis 21 Mei 2015. Rencana aksi itu dalam rangka dukungan ULMWP masuk dalam anggota MSG.  berikut nama-nama yang ditahan: 1. Edo Pahabol (15); 2. Yunani Balyo (25); 3. Maris Tabuni (21); 4. Ade Paragaye (18); 5. Jasai Balyo (26); 6. Edison Yare (23); untuk sementara ke-6 Anggota KNPB Tersebut ditahan di Polres Doyo Sentani. 

West Papua National Commite
Share:
spacer