Latest News


More

Eva Kusuma: Tangani Papua Dengan Dialog

Posted by : Muye Yoka on : Rabu, 29 Juli 2015 0 comments
Muye Yoka

PAPUA, MUYEVOICE.blogspot.com --- Politisi Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P) Eva Kusuma Sundari, menyatakan pendekatan yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah maupun pusat khususnya menangani masalah-masalah di Papua adalah dengan cara dialog.

“Tidak ada cara yang melelahkan tapi yang terbaik itu adalah dialog. Kita ini kan pro demokrasi tapi anti dialog itu ya bagaimana? Dan dialog itu yang jelas nanti akan membuka trust building masyarakat Papua terhadap pemerintah,” kata Eva dalam diskusi terbatas yang digelar oleh Persekutuan Intelijensia Sinar Kasih di Gedung Sinar Kasih Jalan Dewi Sartika no 136d Jakarta Timur, seperti yang dilansir media satuharapan.com, Senin (27/7).

Dialog, lanjut Eva, merupakan cara yang ampuh membangun kepercayaan masyarakat Papua terhadap pemerintah meskipun akan memerlukan waktu yang lama dalam proses berdialog.

Perempuan pegiat HAM ini juga menambahkan bahwa saat berdialog, pemerintah maupun pemangku kepentingan harus menempatkan masyarakat Papua setara. Bukan lagi dialog antara pejabat dan rakyat, tapi memakai perspektif sama-sama warga Indonesia.

“Jadi saya pikir memperlakukan secara egalitarian itu perubahan mindset (cara berpikir) yang merupakan starting point kita. Bagaimana kita menyetarakan saudara kita orang Papua sama dengan kita. Kalau kita ngomong brother tapi kalau tidak ditaruh equal(sama) tidak diajak dialog, tidak tulus dong.”

Dalam hal ini, kata dia, revolusi mental dari pemerintah maupun masyarakat di luar Papua juga harus diubah. Misalnya, bagaimana kita memandang, memperlakukan, berharap bahkan bermimpi bersama Papua.

Ketika revolusi mental itu sudah kita terapkan, maka akan timbul cara berpikir dan bekerja yang berbeda. “Dan saya yakin melalui dialog, trust building bisa terbentuk dan bukan hanya dari satu sisi saja,” kata dia. (MV/wp)