Brimob tembak Dominikus Tekege di Obaike, Desa Komokebo Distrik Waghete Kabupaten Deiyai.

Kronologis kejadian:

WAGHETE - Tanggal 04 Oktober 2011, pukul 08.00 wp, Dominikus Tekege pergi untuk memberi tahu PT. Modern yang sedang mengambil material di kampung Obaike. Dominikus ingin menyampaikan bahwa eksloitasi material oleh PT. Modern telah melewati patok merah yang dijadikan sebagai batas eksploitasi Mariterial. Tindakan eksploitasi melewati patok merah, dapat mengakibatkan longsor sehingga mengganggu kebun warga yang berada disekitar tempat eksploitasi material. Sebagian warga masyarakat memang telah menyerahkan tanah kepada PT Modern untuk mengeruk material.

Pagi hari, Dominikus Tekege mendatangi tempat eksploitasi material, lalu mengatakan bahwa PT Modern tidak boleh mengeksploitasi material melewati patok merah, jika tidak diindahkan, PT Modern silahkan berpindah ke lokasi lain untuk mengeruk material. Tanpa kompromi, 2 orang anggota Brimob yang dipakai oleh PT. Modern sebagai security, langsung menembak ke arah betis, dan menyebabkan korban (Dominikus Tekege) langsung jatuh tersungkur ke tanah.

Melihat korban yang telah tergeletak tak berdaya, pihak PT, Modern bersama kedua pelaku segera mengevakuasi korban ke rumah sakit Umum Uwibutu, Madii, Paniai. Hingga laporan ini diturunkan, korban masih dijaga secara ketak oleh Aparat Kepolisian, sehingga keluarga tidak memiliki akses untuk menjenguk korban.

Identitas Korban
Nama: Dominikus Tekege
Umur: 20 tahun
Pekerjaan: Petani
Agama: katolik
Suku: Mee.
Luka Tembak di bagian Betis.

Pelaku
Brimob Paniai yang bertugas di Kabupaten Deiyai dan ditempatkan khusus sebagai sekurity PT. Modern

Nabire 05 Oktouber 2011
Yones Douw
Share:
spacer