Selpius Bobii: Sejarah Perlu Dikenang



 
Jayapura – 01/12/13, dari balik bui, Selpius Bobii menulis cacatan singkat untuk mengenang, mempeingati dan menghormati sejarah bangsa Papua seperti berikut;

Sejarah adalah pembeiri semangat.
Sejarah adalah pemberi inspirasi.
Sejarah adalah petunjuk jalan (kompas).
Sejarah adalah dasar pijakan.
Sejarah adalah pemberi kekuatan.

Maka, Bobii menulis, Perayaan 1 Desember 1961 adalah dasar pijakan, pemberi semangat, pemberi inspirasi, pemberi kekuatan dan petunjuk jalan bagi Orang Papua untuk menegakkan jati diri bangsa Papua di atas segala kepentingan.

Lebih lanjut, ia mengatakan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati sejarahnya. Maka setiap sejarah bangsa harus dihormati dan dihargai. “Kita menghargai dan menghormati para pejuang yang telah mengukir sejarah bangsa Papua dengan tetesan darah, air mata dan keringat”, tilisnya dari balik bui.

Karena itu, ia mengajak untuk perlu memaknai sejarah bangsa Papua. “Mari kita maknai sejarah masa lalu dalam sikap dan tindakan nyata yaitu dengan bersatu untuk berkaya, bersatu untuk menjadi kuat dan bersatu untuk menegakkan jati diri bangsa Papua,” pesannya.

Bobii pun mengigatkan kiba bahwa bangsa Papua akan menjadi kuat dan keluar sebagai pemenang apabila kita bersatu dan melangkah bersama menuju pelabuhan kebebasan total. (mv/Honaratus Pigai)
 
Distributed by Gooyaabi Templates | Designed by OddThemes